Mantan Terindah

Siapakah dia? Yang pasti bukan mantan pacar, apalagi mantan suami atau istri. Mantan presiden mungkin lebih oke. Walau tak menjabat dia masih dihormati bahkan dikenang dalam sejarah. Mantan konglomerat, ini pasti sekarang hidupnya mlarat. Mendingan mantan preman, pasti sekarang rajin ibadah dan pengajian.

Sungguh ada mantan yang paling beruntung. Mereka adalah jahanamiyyun … MANTAN PENGHUNI NERAKA. Begitulah ahli surga menyebut mereka. Kelak setelah penghuni surga menempati tempat yang nikmat, mereka mencari saudara-saudara seiman saat hidup di dunia. Betapa terkejut saat ternyata ada dari sahabat, teman, dan keluarga yang berada di neraka.
Mereka berkata, “Wahai Rabb kami, mereka dahulu berpuasa, shalat dan berhaji bersama-sama kami.”

Para penghuni surga pun berdoa agar mereka di angkat dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga. Sungguh tak pernah ada doa yang dilantunkan dengan penuh harap melebihi permohonan penghuni surga pada saat itu. Tak ada doa yang lebih bersemangat melebihi doa kaum mukminin ketika memohonkan permohonannya kepada Allah pada hari Kiamat untuk menolong saudara-saudaranya sesama kaum mukmin yang berada di dalam neraka.

Maka dengan ilmu dan rahmat-Nya, diangkatlah kelompok demi kelompok manusia dari neraka dan dimasukkan ke sungai-sungai di surga. Para penghuni surga mengalirkan air kehidupan untuk mereka sehingga badan dan muka mereka yang hangus seperti arang pulih kembali menjadi indah sebagaimana penghuni surga lainnya.

Begitu banyak hadits-hadits yang berkisah tentang para mantan ahli neraka. Kita semua pasti berharap tidak masuk api neraka. Namun faktanya nanti ada orang-orang beriman yang terjerembab di sana karena kesalahan dan dosa-dosanya. Meski orang beriman mendapat perlakuan khusus yaitu dimatikan dengan suatu kematian saat masuk neraka. Tidak seperti orang kafir yang di neraka dalam keadaan “laa yamuutu fihaa wa laa yahya” tidak hidup dan tidak mati sehingga merasakan pedihnya siksa.

Sungguh beruntung jika saat ini anda mempunyai kawan-kawan yang baik. Beriman, shalih, dan shalihah. Dia tak hanya peduli saat di dunia ini saja namun hingga nanti saat di surga. Mereka menjadi saksi di hadapan Allah bahwa anda adalah orang baik. Mereka bersaksi bahwa anda ikut shalat, puasa, atau berhaji. Mereka akan sedih melihat anda menderita. Mereka akan berdoa dengan permohonan besar yang tak pernah terlantun sebelumnya, demi anda agar turut berbahagia.

Kawanku … saudaraku … fillah, aku berbahagia bisa bertemu dan bersama dengan kalian. Sungguh tak seorang pun tahu bagaimana keadaan kita di akhirat nanti. Berjanjilah jika tak menemukan aku di surga, carilah aku! Doakan aku!
Aku pun berjanji jika rahmat Allah membawaku di tanah surga lalu tak menemukanmu. Aku akan mencari dan memohon kepada Allah agar kita bisa bertemu. Bergembira bersama di taman surga yang indah dan syahdu. Aammiin.

—- Om Koko/KBM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *