1. Tersebut prestasi dihadapan Allah, saat kamu mampu menggelorakan qona’ah; merasa cukup akan semua yang Allah berikan padamu.

2. Agaknya Semua telah tau, apapun yang ada di dunia ini adalah titipan, fasilitas yang Allah berikan untuk menunjang amalan.

3. Orang kaya, beramal dengan harta; orang berilmu, beramal dengan mewariskan pemahaman; orang miskin, beramal dengan syukur dan sabar. Indah…

4. Di hadapan Allah, semua manusia itu sama. Kaya-miskin, tua-muda, laki-perempuan.

5. Allah tak memandang rupa. Ia hanya menilai insan dari apa yang ada dalam hatinya; keikhlasan dan semangat mencari keridhoan-Nya.

6. Allah ciptakan manusia berakal supaya berpikir tentang hikmah dibalik penciptaan; tapi kerapkali, manusia dikendalikan oleh nafsu dan angan.

7. Jomblo: “andai saja sudah menikah, pasti saya ada yang ngurusin. Mau kerja dibuatin sarapan, cape dipijitin; Punya si kecil jelita. ah, nyaman dah.”

8. Menikah : “andai saja masih jomblo, hidup saya pasti bebas. Tak perlu susah mencari nafkah untuk keluarga. Bisa naik gunung sepuasnya.”

9. Kaya : “andai saya hidup seperti mereka; tak berpunya, tapi keliatan bahagia. Saya tak perlu cemas mikirin nih uang takut kemalingan. Ah, Tentram.”

10. Miskin : “andai saya seperti si kaya, saya bisa membeli apapun yg saya inginkan. Banyak uang pasti bahagia. Pasti!”

11. Manusia tak pernah puas. Karena hakikatnya, segala sesuatu akan terlihat elok saat belum dimiliki.

12. Sudah saatnya kita sadar hakikat penciptaan; Allah tak ciptakan manusia asal-asalan. Semua sudah terukur.

13. Allah tak kurangkan sesuatu daripada seseorang, melainkan melebihkan sesuatu yg lain daripadanya.

14. Allah suka orang kaya dermawan; tapi Allah cinta orang miskin yang dermawan; Ia lebihkan pahala untuknya berbanding si kaya.

15. Allah suka orang tua pergi ke mesjid; tapi Allah lebih suka seorang pemuda yang hatinya selalu berpaut masjid; Semangat memakmurkannya.

16. Allah miskinkan hamba supaya ia lebih banyak meraup pahala dari syukur | “Alhamdulillaah, ya Allah. Engkau masih berikan kami nafas hari ini :’)”

17. Allah miskinkan hamba supaya ia lebih ringan perhitungannya di yaumul hisab nanti;

18. Allah lebihkan harta hamba supaya ramai orang berhujjah atas hartanya yang didermakan.

19. Begitulah, Allah Maha Baik. Tak ada kesia-siaan yang Ia ciptakan, kecuali yang diciptakan tak faham hakikat penciptaan.

20. Jangan jadi orang yang merugi dengan tidak beriman dan tidak mengerjakan amal shaleh karena kau menganggap dirimu serba kekurangan.

21. Jangan jadi orang yang merugi dengan tidak bersabar dan tidak saling menguatkan satu sama lain (QS. Al-‘Ashr) 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *