💝 … Di antara warisan terbaik orangtua kepada anak keturunannya adalah kesalehan dan kesungguhan dia dalam taat kepada Allah Ta’ala. Dengan kesalehannya itu, Zat Yang Mahakuasa akan melindungi dan menjaga anak keturunannya itu, bahkan setelah dia meninggal.

Terungkap dalam Al-Quran, “Adapun dinding rumah itu adalah kepunyaan dua orang anak yatim di kota itu, dan di bawahnya ada harta benda simpanan bagi mereka berdua, sedang ayahnya adalah seorang yang saleh. Maka, Rabbmu menghendaki agar mereka sampai pada kedewasaannya dan mengeluarkan simpanannya itu sebagai rahmat dari Rabbmu” … (QS Al-Kahfi, 18:82)

🌍 … “Ayat ini merupakan argumentasi bahwa anak keturunan seorang yang saleh akan dijaga (Allah). Hal ini mencakup pula barakah ibadahnya bagi mereka di dunia dan akhirat. (Dengan izin Allah Ta’ala) dia akan memberi syafaat kepada mereka, mengangkat mereka pada derajat yang tinggi di jannah. Tujuannya tidak lain agar lelaki saleh tadi bergembira dengan (kondisi) mereka.”

Artinya, “Kedua anak yatim itu dijaga (oleh Allah) disebabkan kesalehan ayah mereka. Meski tidak disebutkan bahwa keduanya termasuk orang yang saleh,” demikian komentar Abdullah bin Abbas ra. tentang ayat tersebut.

🍉 … Imam Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur’anil ‘Azhim, 5/186-187.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *